Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis Pada Ms. Office Word 2007

Membuat daftar pustaka adalah salah satu bagian dalam proses pembuatan karya tulis yang di dalamnya terdapat beberapa pustaka yang sudah diambil. hal ini dilakukan agar karya tulis tersebut nampak bagus dan berkualitas. Namun jika pembuatan daftar pustaka itu masih dengan cara manual atau di ketik satu persatu maka alangkah lamanya waktu yang dibutuhkan. bagi yang masih relatif baru dalam penggunaan komputer dalam rangka pemakaian pembuatan karya tulis maka perlu kiranya membaca artikel ini agar dalam pengaturan dokumen bisa lebih cepat dan efesien.
Sering kita mengalami kesulitan dalam pembuatan daftar pustaka apalagi secara otomatis. Cara yang kita lakukan selama ini yaitu dengan menulis langsung, artinya dengan cara manual tanpa menggunakan fasilitas yang sudah di sediakan Microsoft Word. Jadi dalam hal ini Microsoft Office memberikan satu fasilitas agar dalam pembuatan daftar pustaka ini bisa otomatis, maksudnya tidak lagi harus melakukan pemformatan secara manual.
Postingan kali ini mencoba memberikan satu pengetahuan bagaimana langkah atau cara dalam proses pembuatan daftar pustaka dengan menggunakan fasilitas yang sudah disediakan.
Letakkan kursor di akhir kalimat atau paragrap yang ingin anda kutip. Kemudian klik menu References, pada group Citation & Bibliography, klik anak panah pada insert Citation, kemudian klik add new source maka muncul gambar berikut,,
Pada type of source ada beberapa pilihan, silahkan pilih sesuai dengan sumber yang akan anda masukkan, misalnya majalah, buku, jurnal atau yang lain.
Pada Author tulis nama pengarang atau penulis
Pada Title tulis judul dari tulisan yang akan dimasukkan atau judul buku
Pada Year tulis tahun sesuai dengan tulisan atau buku itu dipublikasikan/dicetak
Pada City tulis kota di mana buku atau tulisan itu dicetak
Pada Publisher tulis nama penerbit dari buku atau tulisan.
Setelah semua sub terisi kemudian klik OK. Lihat hasilnya.
Hasilnya akan muncul sesuai dengan letak kursor yang anda taruh,
Setelah semua daftar pustaka yang dibutuhkan sudah anda masukkan, selanjutnya bagaimana memindah daftar pustaka tersebut dalam lembar kerja???
Berikut yang perlu anda lakukan.
Ø  Masih pada menu References dan group Citation & Bibliography
Ø  Klik anak panah kecil sebelah kanan ikon Bibliography
Ø  Klik Insert Bibligraphy
Ø  Secara otomatis semua daftar pustaka yang sudah anda tulis akan keluar pada lembar kerja
Selanjutnya atur atau format daftar pustaka tersebut sesuai dengan yang diinginkan, baik mengenai huruf, ukuran atau paragraphnya.
Sekian pembahasan ini cara membuat daftar pustaka secara otomatis, semoga bisa membantu anda dalam menyelesaikan tugas akhir atau karya tulis yang di dalamnya butuh pengaturan daftar pustaka dan semoga semua ini bermanfaat..........

No comments:

Post a Comment