Cara Mudah Mengatur Nomor Halaman (Page Number) dalam Ms. Word 2007/2010

Pondok Microsoft Office: Dalam sistem penomoran halaman sebuah karya tulis atau buku terdapat perbedaan nomor halaman. Pada bagian awal termasuk di dalamnya adalah pendahuluan biasanya nomor halaman ditulis dengan symbol i, ii, iii, iv, v dan seterusnya, sedangkan pada bagian isi, yaitu masuk bab I dan seterusnya biasanya dengan angka 1, 2, 3, 4, 5 dan sampai akhir Model penomoran di atas, bagi yang belum menguasai Microsoft Office Word akan sangat kesulitan, sehingga yang dilakukan akhirnya memecah dokumen menjadi 2. Yang satu bernomor halaman romawi, file satunya bernomor halaman angka. Postingan  kali berusaha memberikan beberapa langkah dalam pengaturan penomoran halaman yang berbeda tersebut, semoga bermanfaat silakan di coba..
Pertama, pada bagian pendahuluan kita akan membuat page number, caranya klik tab Insert > Page Number (jika Anda menggunakan Ms. Word 2010.
Silahkan menyesuaikan jika Anda menggunakan Ms. Word 2007 atau Ms. Word 2003)
ikon page number
Kedua, Pilihlah penomeran seperti gambar di bawah ini.
Ketiga, Tekan Enter sampai 3 halaman (maka penomeran secara otomatis akan sampai pada angka 3). Biarkan cursor (yang berkedip-kedip berada pada halaman 3, lalu masuk ke langkah 4.
Keempat¸ selanjutnya kita akan memecah bagian halaman dengan fasilitas Breaks. Caranya klik tab Page Layout > Breaks > Next Page.
tampilan ikon break
Kelima, halaman sudah terpecah/terbagi menjadi 2 section. Silahkan lihat bagian Footer pada halaman i dan iii sudah terlihat berbeda.
Keterangan: Ketika Anda sudah melakukan langkah ke 4 berarti Anda sudah melakukan pemotongan/pemecahan pada halaman. Dengan begitu Anda bisa memodifikasi penomeran pada bagian atau halaman yang berbeda itu.
(Pada halaman i masih termasuk "Section 1")
(Sedangkan pada halaman iii sudah berubah menjadi "Section 2")
Keenam, Untuk mengganti format nomor selanjutnya klik kanan pada angka iii > Format Page Numbers.
gambar number format
Ketujuh¸ Selanjutnya ganti Number format menjadi 1,2,3 dan pada Page numbering ganti Start at menjadi 1. Lalu klik OK.
dialog page number format
Klik OK kalo sudah diatur semua, kemudian silahkan di lihat hasilnya, kalo masih belum berhasil, praktekkan berulang-ulang sampai bisa,,,jangan menyerah yaaaa, terus mencoba dan mencoba....
Demikian tutorial singkat mengenai cara mengatur nomor halaman. semoga menjadi pengetahuan yang bermanfaat.

No comments:

Post a Comment