MENGETAHUI PROGRAM-PROGRAM BASIS DATA (DATA BASE)

Program aplikasi basis data adalah program yang banyak digunakan untuk mengelola kumpulan dari beberapa data, yang kemudian di kenal sebagai program basis data (data base). program ini di buat adalah untuk membantu para user dalam menanejemen data, sehingga berapapun data yang kita kelola akan menjadi rapi, bagus dan teratur.
Di dalam program ini banyak fitur-fitur dan fasilitas yang di sediakan untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan dan mengatur data sesuai dengan kebutuhan.
Dalam mengelola basis data, ada beberapa program atau perangkat  lunak yang bisa kita pilih, antara lain:
a. Microsoft SQL Server
Adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang diproduksi oleh Microsoft. Bahasa yang digunakan adalah kueri, yakni Transact-SQl yang merupakan implementasi dari SQLstandar ANSI/ISO yang digunakan oleh microsoft dan Sybase. Umumnya SQL Server digunakan di dunia bisnis ya g memiliki basis data berskala kecil, menengah dan sekarang digunakan pada data berskala besar.
Microsoft SQL Server dan Sybase/ASE dapat berkomunikasi lewat jaringan dengan menggunakan protokol TDS (tabular Data Stream). Fitur lain dari SQL server adalah kemampuannya dalam membuat basis data mirroring dan clustering
Berikut adalah tampilan  dari Microsoft SQL Server
gambar microsoft SQL Server
b. Basis Data Oracle
Yaitu basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data data alam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Pembuatan jenis basis data ini digunakan untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer, artinya program ini bersifat platform
Berikut tampilan program Basis Data Oracle
gambar logo BAsis ddata Oracle
c. Basis Data Firebird
Firebird atau yang disebut juga FirebirdSQL adalah sistem manajemen basis data relasional yang menawarkan fitur-fitur yang terdapat dalam standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003. RDBMS ini berjalan baik pada program Linux, Windows maupun pada sejumlah platform Unix. Firebird diarahkan dan di-maintain oleh FirebirdSQL Foundatioan. Ia merupakan turunan dari Interbase versi open source milik Borland.
Berikut tampilan program Basis data Firebird
gambar program FirebirdSql
d. MySQL
Adalah software sistem manajemen basis data SQL atau Database Management System) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia.
Berikut tampilan program MySql
gambar tampilan MySql Data base
e. Microsoft Access
Adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan user.
Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.
Berikut tampilan program Microsoft Access
tampilan ms Access
f. Visual FoxPro
Adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek dan prosedural dari Microsoft. Awalnya bahasa pemrograman ini dikenal dengan nama FoxBase yang diluncurkan oleh Fox Software pada awal tahun 1984. Fox technologies kemudian bergabung dengan Microsoft tahun 1992 sehingga di depan nama FoxBAse di tambahkan awalan “Visual”.

Demikian artikel tentang bagaimana memahami tentang Program Aplikasi Basis Data. Adapun  dari beberapa jenis software basis data yang banyak digunakan adalah Microsoft Access, karena lebih sederhana tapi mampu menyelesaikan tugas sesuai kebutuhan...mhn masukan gan..

No comments:

Post a Comment