Cara Mengatur Dan Memberikan Tanda Bullets Dan Numbering Ms. Word 2010

Pada postingan kali ini saya mencoba menjelaskan dan memberikan contoh penggunaan terhadap fasilitas Bullets dan Numbering yang di sediakan Microsoft word.
Sebagaimana yang sering kita alami setiap mengelola dokumen pasti ada bagian dari dokumen itu yang yang butuh di atur format penomorannya. Penomoran yang disediakan Ms. Word ada dua (2) jenis, Bullets dan Numbering
Penggunaan bullets and numbering sangat cocok untuk membuat dokumen yang memuat list atau daftar dari suatu kelompok data.
Ada dua cara dalam menggunakan bullets and numbering. Pertama, mengetik semua data terlebih dahulu baru kemudian dibubuhi bullet atau numbering. Kedua, mengatur atau menformat terlebih dahulu bullets dan numbering baru kemudian menulis data/teksnya.
Bullets, yaitu tanda atau simbol yang dipakai untuk memberikan lambang/gambar/tanda tertentu pada tulisan yang berbentuk satu alinea (alinea bisa 1 baris atau lebih).  Cara memberikan bullets adalah sebagai berikut;
A.Dengan Ikon Bullets, yaitu
Ø Blok/Seleksi data yang akan diberi bullets
Ø Klik menu Home (untuk Ms office 2007/2010), pada kelompok Paragraph
Ø Klik dropdown toolbar bullets dan pilih ikon atau jenis bullets yang diinginkan. Lihat gambar di bawah ini.
B.Dengan dialog Bullets
Ø Fasilitas dialog bullets digunakan ketika kita mau mengganti jenis bullets lain yang tidak ada ditampilan Bullets Library, caranya adalah
Ø Setelah bullet library terbuka –lihat gambar di atas—selanjutnya klik sub Define New Bullet, selanjutnya akan ditampilkan gambar berikut:
Ø Pada bullets character pilih salah satu, symbol atau picture atau font. Kemudian pilih jenis symbol atau gambar atau font yang disediakan dan klik.
Ø Bagian Alignment berfungsimengatur letak teks atau bullets, rata kiri, tengah atau kanan.
Ø Setelah semua selesai diatur—tentunya dengan melihat preview—klik OK untuk meng-iya-kan atau Cancel untuk membatalkan.
Contoh penggunaan
Contoh di atas menggunakan beberapa jenis bullet yang berbeda, mulai symbol, picture dan font.
Numbering, yaitu tanda atau angka yang digunakan untuk memberikan penomoran terhadap data atau tulisan tertentu yang berbentuk satu alinea (alinea bisa 1 baris atau lebih).  Cara memberikan numbering adalah sebagai berikut;
A.Dengan Ikon numbering, yaitu
Ø Blok/Seleksi data yang akan diberi bullets
Ø Klik menu Home (untuk Ms office 2007/2010), pada kelompok Paragraph
Ø Klik dropdown toolbar numbering dan pilih ikon atau jenis number yang diinginkan. Lihat gambar di bawah ini.
B.Dengan dialog numbering
Ø Fasilitas dialog numbering digunakan ketika kita mau mengganti jenis number lain yang tidak ada ditampilan Numbering Library, caranya adalah
Ø Setelah numbering library terbuka –lihat gambar di atas—selanjutnya klik sub Define New numbering format, selanjutnya akan ditampilkan gambar berikut:
Ø Pada number style pilih salah satu dari jenis number atau jenis penomoran yang disediakan,
Ø Bagian Number format berfungsi mengatur format angka yang sudah dipilih
Ø Sub Alignment berfungsi mengatur letak penomoran, kiri, tengah atau kanan
Ø Setelah semua selesai diatur—tentunya dengan melihat preview—klik OK untuk meng-iya-kan atau Cancel untuk membatalkan.
Contoh penggunaan
Contoh di atas menggunakan beberapa jenis number yang berbeda.
Demikian semoga bermanfaat.....

No comments:

Post a Comment