MENGEDIT KATA DENGAN AUTOCORRECT DALAM MICROSOFT OFFICE WORD

Pada saat kita membuat naskah dengan menggunakan Microsoft Office Word, terkadang sering terjadi kesalahan dalam proses penulisan. Kesalahan itu bisa saja terjadi karena kita yang keliru mengetiknya, atau kesalahan itu terjadi karena pengaturan dalam program itu yang belum kita atur sebelumnya.
Salah satu kesalahan yang terjadi karena fasillitas dalam Microsoft Office Word yang belum kita atur adalah AUTOCORRECT.
Apakah AutoCorrect itu????
Pada postingan kali ini saya berusaha membahas fasilitas AutoCorrect, yang kadang oleh banyak pengguna tidak diperhatikan sehingga membinggungkan dalam proses pengetikan atau penulisan.
AutoCorrect adalah fasilitas yang dimiliki Microsoft Office Word untuk memperbaiki kesalahaan ejaan pada saat kita mengetik.
Contoh: saat kita mengetik kata “Teh” maka pada saat kita menekan spasi, kata tersebut berubah menjadi kata “The”. Ada lagi misalnya kita mengetik kata “tabel”, setelah menekan spasi kata itu berubah menjadi “Table”.
Kesalahan-kesalahan sebagaimana kejadian di atas kalau jumlahnya banyak akan sangat membinggungkan dan menjengkelkan.
Bagaimana cara mengatasinya????
Pertama, di dalam Microsoft Office Word 2007 silahkan anda klik Office Button—gambar jendela windows yang berada di sebelah kanan atas tampilan Microsoft Office Word. Untuk lebih jelas lihat gambar yang dilingkar merah berikut ini:
Office button
Selanjutnya akan ditampilkan isi dari ikon tersebut, pilih dan klik Word Options, sebagai berikut:
gambar word options
Kedua, setelah di klik word options, selanjutnya muncul tampilan dialog word options.
Ketiga, klik sub menu/pilihan Proofing>>>klik autocorrect options>>maka akan di tampilkan dialog Autocorrect options.
Untuk lebih jelas lihat gambar berikut:
kotak dialog word options
Keempat, setelah di klik autocorrect options (sebagaimana gambar diatas), maka akan ditampilkan dialog Autocorrect.
tampilan autocorrect options
Selanjutnya, cari sub tab perintah Replace text as you type, klik perintah itu untuk menghilangkan tanda centang.  Atau cari text dalam tabel di bawahnya kemudian pilih dan klik delete, maka text yang dimaksud akan hilang
Kelima, selanjutnya klik OK, dan dicoba pada dokumen maka kata itu sudah tidak lagi berubah.
Selain fungsi diatas, fungsi lain dari Autocorrect adalah memasukkan kata atau karakter sehingga mempermudah dan mempercepat proses penulisan. Jadi kita cukup menuliskan beberapa huruf sesuai yang dimasukkan kemudian tekan spasi akan muncul kata selengkapnya sebagaimana yang sudah dimasukkan.
Contoh: dalam dokumen itu kita sering menulis kata atau kalimat “Microsoft Office”, supaya tidak perlu menulis lengkap kalimat itu cukup tulis dengan kata ”ms” selanjutnya tekan spasi maka dengan otomatis akan muncul kata Microsoft Office.
Caranya sebagaimana berikut.
Ø Pada posisi dialog Autocorrect terbuka.
Ø Biarkan replace text as you type dalam keadaan tercentang
Ø Masukkan kata yang dijadikan simbol pada sub Replace
Ø Masukkan/Ketik kata yang dijadikan perpanjangan dari replace
Ø Setelah selesai klik ADD di bagian bawah
Ø Setelah semua se;esai diatur klik OK
Selanjutnya, silahkan anda coba sendiri, semoga bahasan ini berguna dan bermanfaat, kurang dan lebihnya mohon komennya yaaaa trims

No comments:

Post a Comment