MENCARI RATA-RATA NILAI AKHIR DENGAN FUNGSI AVERAGE

Sebelumnya telah kami paparkan pada postingan tentang Mengoperasikan Fungsi Sum, dimana ada beberapa jenis fungsi yang disediakan Microsoft Office Excel. Salah satunya adalah fungsi statistical.
Adapun isi dari fungsi tersebut diantaranya adalah Sum—yang sudah dibahas diawal—selanjutnya adalah Average, fungsi yang digunakan untuk mencari Nilai Rata-rata dalam suatu range data tertentu.
Pada postingan kali ini—sebagai ganti materi kursus—kami akan mencoba mengoperasikan fungsi average untuk mencari nilai akhir dari rata-rata nilai sebelumnya. Sehingga hasil dari penggunaan rumus atau fungsi tersebut secara otomatis sudah menunjukkan proses penghitungan yang pas.
Contoh soal: Untuk mencari Nilai Akhir sebuah data diambil dari rata-rata nilai harian teori dan praktek + rata-rata nilai uas teori dan praktek. jadi
Nilai Akhir = Rata-rata nilai harian teori dan praktek + Rata-rata nilai UAS teori dan praktek dan dikali (x) pembobotan untuk rata-rata harian = 40 % dan rata-rata nilai uas 60%.
Lihat contoh data di bawah ini:
contoh data untuk fungsi average
Dari contoh data di atas bagaimana cara menulis rumusnya???
Nilai Akhir berada pada cell G6 dan terus ke bawah.
Untuk penulisan rumus pada cell G6 tersebut adalah:
=AVERAGE(C6:D6)*40%+AVERAGE(E6:F6)*60%
Lihat hasilnya.
hasil penggunaan fungsi average
Demikian pembahasan tentang mencari nilai akhir dengan fungsi average sebagai ganti kursus yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment