Mengenal Tabel, Query, Form, dan Report pada Microsoft Office Access

Kesempatan kali ini Pondok Microsoft Office akan menjelaskan objek-objek yang terdapat pada program aplikasi basis data (Microsoft Office Access).
setelah memahami program Microsoft Access (data base) dengan lebih detail, kini saatnya mengetahui beberapa fasilitas yang bisa dikelola dalam program tersebut.
Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwa di dalam Database Access terdapat beberapa objek yang bisa kita gunakan untuk mengelola data, yaitu Tabel, Query, Form, dan Report. Setiap bagian itu mempunyai fungsi sendiri-sendiri sesuai dengan tugasnya dan merupakan satu kesatuan, artinya dalam satu file kita bisa mengoperasikan satu atau lebih dari objek yang ada. Rangkaian inilah yang kemudian membentuk database yang utuh. 
Dalam Program basis data yang juga penting untuk dipelajari adalah struktur data base, sehingga dalam mengelola data dan dokumen menjadi lebih cepat dan efesien.
Tabel, bagian dari data base yang bentuknya sama dengan lembar kerja program excel, yaitu berisi kolom dan baris dalam proses memasukkan data.
Lihat gambar contoh tabel

tabel dalam access

Query, fasilitas yang digunakan untuk melihat, mengubah, menganalisis, menyaring, dan menampilkan data yang memenuhi syarat/kriteria tertentu dari satu tabel atau lebih. Juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi data (menambah, menghapus, mengubah, dll), melakukan sebuah penghitungan yang menggunakan formula atau rumus dan sebagai sumber data untuk record-record yang digunakan pad form maupun report.
Gambar tampilan query
Query dalam access

Form, mengatur tampilan input data agar lebih menarik daripada hanya sekedar tabel, maka form bisa dibentuk sedemikia rupa sehingga lebih menarik, lebih mudah digunakan, dan lebih melindungi data. Form menggunakan bahasa pemograman, sehingga ditujukan untuk pengguna tingkat lanjut.
Gambar bentuk form
Form dalam access

Report, yaitu sistem pelaporan yang digunakan ketika hendak menampilkan hasil laporan dari sebuah analisis data, baik berupa tabular, grafik maupun hasil-hasil perhitungan dan merupakan ekstrak dari basis data yang hasilnya dapat langsung dicetak melalui media printer, maupun ditampilkan ke layar monitor.
Gambar bentuk report
Report dalam access

Sekian dulu pembahasan tentang objek=objek dalam basis data Microsoft Office Access, semoga bisa menambah pengetahuan dan menjadikan pengganti kursus tentang data base. Terimakasih....
Sumber tulisan diambil dari modul KKPI (LP2IP Yogyakarta) dan Wahana Komputer tentang Microsoft Office 2010.

No comments:

Post a Comment